SEO Off Page

Pengertian SEO Off Page dan 3 Langkah Optimasinya – Dalam melakukan optimasi pada website anda, melakukan SEO On Page tentu saja masih kurang. Hal tersebut dikarenakan website anda tidak terlihat memiliki kualitas yang besar dikarenakan tidak pernah dijadikan referensi oleh website lainnya. Oleh sebab itu maka dibutuhkan cara optimasi yang dapat mendukung hal tersebut, yaitu melakukan SEO Off Page.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas secara mendalam tentang apa sebenarnya SEO Off Page itu dan bagaimana cara melakukan optimasinya. Banyak para publisher yang dalam melakukan teknik ini sering mengalami kesalahan yang cukup fatal sehingga malah menjadikan rating pada websitenya menurun.

Baca Juga : 12 Langkah Optimasi SEO On Page Yang Wajib Diketahui

Pengertian SEO Off Page

SEO Off Page adalah upaya untuk melakukan optimasi di luar website atau kontennya sendiri. Hal tersebut  jelas berbeda dengan teknik-teknik pada SEO On Page yang hanya berfokus pada internal website itu sendiri. SEO Off Page adalah upaya agar website anda atau link pada website anda dimasukkan kedalam website lain, entah kedalam artikel, code, image, atau sebagainya.

Kebanyakan publisher menganggap bahwa SEO Off Page adalah membangun backlink sebanyak mungkin. Memang hal tersebut tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Terdapat serangkaian hal yang harus anda lakukan dalam melakukan SEO Off Page. Hal tersebut selain untuk meningkatkan rating pada website anda juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan traffic yang tentu saja itu sangat penting bagi website anda.

Baca Juga: Pengertian SEO, Manfat, dan Teknik Dasar SEO

3 Langkah Optimasi

Dalam melakukan optimasi pada SEO Off Page terdapat 6 langkah yang harus anda lakukan. Pertama Backlink (link building), kedua Menggunakan Google Bisnis, dan ketiga Listing Bisnis & Review.

Backlink Untuk SEO Off Page

Untuk melakukan optimasi SEO Off Page salah satu langkah terpenting adalah menanam backlink sebanyak mungkin. Backlink adalah pencatutan link website anda kedalam website orang lain. Atau dengan kata lain, elemen pada website anda diambil dan digunakan pada website lain yang kemudian menyertakan link pada website anda.

Penggunaan link tersebut bisa dimasukkan kedalam artikel, gambar, hingga code website itu sendiri. Dengan begitu mesin pencari akan mengetahui bahwa website anda telah dijadikan salah satu acuan oleh website lainnya. Rating dari website anda juga tentu saja akan semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya website yang menanamkan backlinknya kedalam website anda.

Jika anda membuka situs seperti Ahrefs lalu memasukkan website apapun yang muncul di page one google maka anda akan melihat sederet backlink yang masuk kedalam website tersebut. Hal itu menunjukkan bahwa backlink adalah salah satu faktor terpenting untuk optimasi sebuah website itu sendiri. Adapun beberapa hal dari Backlink yang harus anda ketahui adalah sebagai berikut:

PA dan DA

PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority) adalah alat ukur untuk melihat kualitas profil backlink dari website itu sendiri. PA dan DA diukur menggunakan skala 1-100. Semakin tinggi angka yang dimiliki oleh PA dan DA, maka semakin bagus pula kualitas dari website tersebut.

Untuk mengetahui seberapa tinggi skor PA dan DA yang dimiliki oleh sebuah website, anda dapat menggunakan aplikasi atau situs seperti MOZ dan Ahref. Aplikasi tersebut melakukan crawling pada website yang anda tuju dan kemudian memberi skor seberapa tinggi PA dan DA yang dimiliki. Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga mampu membaca berapa jumlah backlink dan dari mana sumber backlink website tersebut berasal.

Backlink DoFollow dan NoFollow

Tidak semua backlink yang tertanam di website memiliki dampak terhadap rating website anda. Hal tersebut karena terdapat pembagian jenis dari backlink itu sendiri, yaitu Dofollow dan Nofollow. Baik Dofollow dan Nofollow memiliki pengertian, fungsi, dan manfaat yang berbeda bagi sebuah website.

Dofollow adalah backlink yang terdeteksi oleh mesin pencari Google. Sedangkan nofollow adalah backlink yang ditandai dengan tag nofollow sehingga memberikan sinyal kepada mesin pencari Google untuk tidak mendeteksi backlink tersebut. Jadi backlink yang bersifat nofollow tidak memiliki pengaruh apapun pada kualitas authority website anda, sedangkan Dofollow sebaliknya.

Selain memiliki istilah dan fungsi yang berbeda, baik dofollow maupun nofollow dapat memberikan efek terhadap website anda. Website yang memiliki backlink nofollow terlalu banyak bisa dianggap sebagai spam oleh mesin pencari Google. Sehingga bisa berakibat buruk dan menjadikan website anda sulit untuk menembus page one Google.

Untuk mendapatkan backlink dofollow anda dapat melakukan kerjasama dengan website lain untuk memasukkan link anda kedalam artikelnya. Link yang tertanam di dalam artikel pada umumnya adalah dofollow, sedangkan link yang tertanam di situs-situs forum biasanya akan menjadi nofollow.

Baca Juga : 5 Laptop 4 Jutaan Terbaik Tahun 2020

Relevansi

Relevansi niche antara situs yang memberikan backlink dengan niche website anda sendiri merupakan satu faktor yang sangat penting. Hal tersebut akan sangat memudahkan mesin pencari Google untuk mengetahui setinggi apa kualitas atau relevansi artikel pada website yang anda buat.

Semisal contoh, apabila website anda adalah website perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata, maka usahakan mendapatkan backlink dari website yang memiliki niche pariwisata. Dengan adalanya relevansi tersebut maka website anda akan semakin cepat mengalami peningkatan skor PA dan DA.

Anchor Text

Anchor text adalah text yang di dalamnya disisipkan link tujuan. Anchor text merupakan salah satu bagian terpenting dalam penanaman backlink itu sendiri. Contohnya adalah anda akan menanamkan situs anda kedalam sebuah artikel di website orang lain. Maka anda bisa mengetik domain, kata kunci, atau judul artikel anda, dan kemudian tinggal memasukkan link di dalamnya.

Meskipun penggunaan anchor text itu sangat penting, namun jangan sampai seluruh backlink anda menggunakan anchor text. Hal tersebut dapat mengakibatkan hukuman dari Google karena menganggap website anda tidak memiliki backlink yang natural, melainkan rekayasa. Dampaknya website anda akan sulit untuk menembus peringkat tertinggi, atau yang paling buruk akan terdeindex dari mesin pencari Google.

Traffic

Memiliki traffic yang tinggi merupakan tujuan dari seluruh optimasi itu sendiri, baik SEO On Page atau SEO Off Page. Apabila website anda kebanjiran traffic tentu Google akan menganggap bahwa website anda tersebut memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan diminati oleh banyak pengunjung.

Namun traffic yang dimaksud di sini bukanlah direct traffic ke website anda, melainkan melalui mesin pencari Google. Semakin banyak traffic organic yang anda dapatkan, semakin besar pula kemungkinan website anda akan bertengger di page one mesin pencari Google.

Google Bisnis

Google Bisnis adalah layanan gratis dari Google. Layanan Google bisnis ini memiliki dampak yang cukup signifikan dalam SEO Off Page, khususnya untuk Local SEO.

Anda dapat mendafat untuk mendapatkan layanan ini dengan cuma-cuma dan sangat mudah. Dengan anda menggunakan layanan ini, maka anda dapat memiliki lokasi khusus yang dapat dilihat di dalam Google Map dan di dalamnya dapat anda sisipkan link website anda. Contoh dari Google Bisnis adalah seperti berikut: Kantor Momohamaru

Upayakan untuk sesegera mungkin mendaftarkan bisnis anda kedalam Google bisnis. Apabila anda ingin mendaftarkan bisnis anda kedalam Google bisnis, anda bisa klik link berikut ini : Pendaftaran Google bisnis

Listing Bisnis & Review

Mendaftarkan bisnis anda kedalam listing bisnis tentu sangatlah penting dan tentu saja dapat membantu SEO Off Page anda. Bisnis yang anda daftarkan kedalam berbagai listing bisnis dapat menjadikan bisnis anda dikenal oleh banyak audience. Selain itu, apabila anda menampilkan website anda pada listing tersebut tentu saja selain mendapatkan backlink juga tentu saja mendapatkan traffic.

Tidak hanya sekedar menaruk bisnis anda di dalam listing tersebut, upayakan untuk menaruh bisnis anda kedalam listing yang mampu melakukan review terhadap bisnis anda. Hal itu tentu saja akan memberikan kesan bahwa bisnis yang anda jalankan, dan website yang anda buat memiliki authority yang tinggi dibandingkan dengan lainnya.

Penutup

Begitulah artikel Pengertian SEO Off Page dan 3 Langkah Optimasinya kami tulis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin mengembangkan bisnisnya. Namun apabila anda merasa bahwa untuk melakukan optimasi dan maintenance, anda dapat menyerahkan itu kepada kami. Percayakan urusan digital anda kepada kami, lalu anda bisa fokus dengan urusan lainnya.

Apabila anda tertarik untuk mendapatkan service dari kami, anda dapat klik tautan berikut ini: Service Momohamaru

2 Comments

  1. Pengertian SEO, Manfat, Dan 8 Teknik Yang Wajib Diketahui

    September 6, 2020 at 6:45 pm

    […] Baca Juga : Pengertian SEO Off Page dan 3 Langkah Optimasinya […]

    Reply
  2. 바마카지노

    Oktober 14, 2020 at 2:26 am

    Hi, I do think this is an excellent web site. I stumbledupon it 😉 I’m going to come back yet again since I
    bookmarked it. Money and freedom is the best way to change, may
    you be rich and continue to help others.바마카지노

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Kami