SEO On Page

12 Langkah Optimasi SEO On Page Yang Wajib Diketahui – SEO adalah singkatan dari kata Search Engine Optimization yang memiliki makna secara sederhana teknik optimasi website pada mesin pencari. Meskipun tidak ada rumus pasti tentang bagaimana SEO tersebut digunakan, namun dapat kita ambil point-point krusial yang selama ini dilakukan oleh hampir seluruh publisher website ternama.

Dengan melakukan optimasi pada mesin pencari Google, anda dapat menempatkan website pada halaman pertama Google. Hal tersebut tentu merupakan situasi yang paling diinginkan oleh hampir semua publisher. Entah itu website personal, organisasi, maupun korporasi. Yang pasti bahwa menempati halaman pertama Google adalah sebuah kemewahan.

Untuk dapat berada di halaman pertama mesin pencari Google, website anda harus memiliki rating tertinggi dibandingkan website lainnya yang menggunakan kata kunci sama dengan yang anda gunakan. Sementara untuk mendapatkan rating tinggi tidaklah semudah membalik telapak tangan. Terdapat banyak hal yang harus terjadi secara alami, dan itu bisa saja membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya.

Dikarenakan membutuhkan waktu yang begitu lama untuk menjadikan website anda bertengger di halaman pertama mesin pencari Google, maka dibuatlah jalan pintas untuk mencapainya. Jalan pintas tersebut yang disebut dengan teknik SEO.

Baca Juga: Pengertian SEO, Manfat, dan Teknik Dasar SEO

SEO atau Search Engine Optimization secara sederhana merupakan teknik optimasi agar website anda memiliki rating tinggi di mata Google. Namun sebelum mempelajari teknik SEO secara mendalam, anda perlu mengetahui tentang jenis SEO itu sendiri.

Pada dasarnya terdapat 2 jenis SEO di dalam praktik optimasi website. Jenis SEO yang pertama adalah SEO On Page dan jenis SEO kedua adalah SEO Off Page. Kedua jenis SEO tersebut memiliki cara dan fungsi yang berbeda namun saling berhubungan.

Dalam artikel ini, Momohamaru akan membahas secara detail bagaimana teknik optimasi SEO On Page. Di dalam upaya optimasinya, terdapat setidaknya 10 langkah utama yang harus anda ketahui dan lakukan agar website anda dapat menduduki peringkat teratas mesin pencari Google. Untuk dapat mengerti tentang SEO On Page, maka berikut adalah penjelasannya:

1. Pengertian SEO On Page

SEO On Page dapat diartikan sebagai teknik optimasi website yang dilakukan di dalam website itu sendiri. Artinya adalah anda melakukan optimasi pada setiap elemen pada website anda sendiri, mulai dari penggunaan coding, URL, judul artikel, teknik penulisan artikel, mete description, hingga link to site autority.

Dalam melakukan optimasi pada SEO On Page adalah sebagai berikut:

2. Penggunaan Coding Pada Website

Optimasi SEO On Page pertama adalah dengan cara penggunaan coding pada website secara efektif. Google memang sangat mengutamakan user experience atau kepuasan pengunjung yang menggunakan platformnya. Salah satu indikator utamanya adalah kecepatan website ketika dibuka. Pasti anda semua pernah mengalami membuka website namun terasa sangat “lemot”.

Terdapat beberapa alasan mengapa website mengalami loading lama ketika dibuka, bisa karena penggunaan file berukuran besar seperti gambar atau video. Selain file tersebut, biasanya juga dikarenakan penggunaan Java Script atau CSS yang terlalu berlebihan. Oleh sebab itu, efektifitas dalam penggunaan coding pada website sangatlah penting.

3. Gunakan SSL/TLS

Langkah kedua pada SEO On Page adalah penggunaan SSL/TLS. SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, yaitu standar teknologi yang digunakan  untuk membangun koneksi terenkripsi antara webserver/website dengan Browser atau antara mail server dengan mail client. Lalu TLS merupakan singkatan dari Transport Layer Security, yang sebenarnya adalah versi terbaru dari SSL itu sendiri. Namun sebagian besar masyarakat sudah terbiasa dengan istilan SSL, maka nama SSL masih digunakan hingga sekarang.

Sertifikat SSL ini wajib hukumnya untuk digunakan pada website anda. Hal tersebut karena sejak tahun 2014 lalu, Google lebih memprioritaskan website dengan sertifikat SSL daripada yang tidak untuk dimunculkan pada mesin pencarinya.

Apabila website menggunakan SSL maka URL website anda menjadi HTTPS dan terdapat lambang gembok di sebelah kiri website. Sedangkan yang tidak menggunakan SSL, maka website tersebut akan menjadi HTTP lalu muncul tulisan not secure pada Google Chrome. SSL/TLS adalah unsur terpenting pada optimasi SEO On Page yang harus anda lakukan.

4. Gunakan Permalink Yang Pendek dan Simpel

Cara optimasi SEO On Page berikutnya adalah penggunaan permalink yang pendek dan sederhana sangatlah penting. Hal tersebut dikarenakan dapat mempermudah mesin pencari Google untuk dapat menemukan artikel anda. Namun bukan berarti sekedar pendek semata, melainkan harus sesuai dengan kata kunci atau judul yang anda gunakan.

Cara mengedit permalink sangatlah mudah. Biasanya permalink otomatis akan terbuat menyesuaikan dengan judul anda. Semisal domain anda adalah kitasatu.com, lalu anda akan membuat artikel dengan judul, “3 langkah penting dalam kehidupan yang harus diketahui”. Biasanya permalink anda akan otomatis menjadi https://kitasatu.com/3-langkah-penting-dalam-kehidupan-yang-harus-diketahui/ , dan kata kuncinya adalah, “langkah kehidupan”.

Dengan permalink sepanjang itu tentu saja Google tidak akan memprioritaskan website anda. Maka yang anda lakukan adalah memperpendek permalink anda menjadi sesuai dengan kata kunci atau ditambahkan sedikit pada judul, misal menjadi “https://kitasatu.com/3-langkah-kehidupan”. Cara memendekkannya juga sederhana, tinggal ketik edit/sunting pada bagian permalik, tepat di bawah Judul artikel anda.

5. Gunakan Judul yang Menarik dan Provokatif

Langkah ketiga dalam optimasi SEO On Page adalah penggunaan judul yang menarik dan provokatif. Mengapa harus menarik dan provokatif? karena dengan judul yang seperti itu dapat menarik perhatian user, dan Google cenderung lebih mengutamakan artikel dengan judul yang seperti itu.

Dalam algoritmanya, Google mencari artikel yang paling relefan dan terlihat meyakinkan. Oleh sebab itu, buatlah judul yang serelefan mungkin dengan kata kunci dan terlihat meyakinkan. Caranya adalah lakukan research dalam menentukan kata kunci, setelah itu buatlah beberapa hal utama seperti masukkan angka dalam judul anda. Misal kata kunci anda adalah, “wisata di sydney”, maka buatlah judul, “5 rekomendasi wisata di Sydney “.

6. Berikan Ilustrasi Pada Artikel Anda

Di dalam optimasi SEO On Page, memasukkan ilustrasi berupa gambar atau video sangatlah penting. Gambar atau video yang anda masukkan tersebut akan menjadi wajah dari artikel anda itu sendiri. Namun jangan semata-mata menggunakan gambar, utamanya mengambil dari Google Picture begitu saja karena hal tersebut berpengaruh terhadap penilaian Google terhadap website anda.

Oleh sebab itu, gunakanlah Photoshop atau sebagainya untuk mengedit gambar agar menghilangkan hak cipta yang terpasang pada gambar. Atau apabila anda memiliki skill untuk membuat ilustrasi gambar sendiri itu akan lebih baik. Hal tersebut juga bisa bermanfaat untuk keperluan SEO Off Page anda.

Untuk mengguanakn Gambar atau Video, anda harus memperhatikan di mana anda harus menempatkan gambar dan video tersebut. Untuk gambar, yang utama anda masukkan adalah di bagian gambar andalan atau featuring image. Lokasi tersebut benar-benar akan menjadi wajah dari website anda. Kemudian untuk video, anda bisa mendapatkannya melalui Youtube, dengan cara copy and paste link youtube ke artikel anda.

Untuk mengoptimasi Gambar yang anda masukkan, jagan lupa berikan Alt pada gambar tersebut. Caranya masuk pada media, dan tuliskan alt gambar tersebut sesuai dengan judul atau kata kunci anda. Atau lebih sederhana lagi, lakukan itu ketika anda mengupload gambar tersebut. Apabila Ukuran gambar anda terlalu besar, itu akan tidak baik karena berpengaruh pada kecepatan, oleh sebab itu gunakanlah Thumbnail.

7. Gunakan Heading dan Sub Heading Pada Artikel

Heading dan sub heading memang terlihat sangat sepele. Namun perlu anda ketahui bahwa penggunaan heading dan sub heading dalam upaya optimasi SEO On Page sangatlah penting. Bisa dikatakan bahwa heading dan sub heading adalah organ tubuh dari artikel itu sendiri.

Mengapa demikian? karena heading dan sub heading akan menentukan bagian mana dalam artikel yang memiliki fungsi untuk menjelaskan inti dari artikel itu sendiri. Gunakanlah Heading 1 pada pembahasan utama, lalu heading 2 untuk breakdown dari heading 1, lalu gunakan heading 3 untuk breakdown heading 2. Dan jangan lupa, dari salah satu heading anda tersebut, masukkanlah kata kunci anda sehingga kata kunci tersebut menjadi bagian dari heading atau sub heading.

8. Masukkan Keyword di 10% Awal Artikel Anda

Meletakkan keyword atau kata kunci pada 10% awal artikel sangatlah penting. Hal tersebut terbukti dapat memberikan efek besar pada upaya optimasi SEO On Page anda. Dengan diletakkannya keyword di awal artikel maka Google juga akan lebih mudah untuk menemukan relefansi kata kunci dengan isi artikel yang anda buat.

Selain meletakkan keyword di awal artikel, usahakan juga untuk memasukkan kata kunci anda di dalam artikel sebanyak mungkin. Namun tentu jangan asal menulis keyword di dalam artikel, tapi harus sesuai dengan kalimat sebelum dan sesudahnya.

9. Gunakan Tema Responsive (Mobile Friendly)

Sebagian masyarakat saat ini selalu menggunakan Hp dalam melakukan banyak hal, termasuk berselancar di dunia maya. Oleh sebab itu, Google juga sangat memperhatikan satu website yang memiliki tema responsive. Hal tersebut tentu saja dikembalikan lagi pada user experience.

Apabila website anda tidak responsive, kecil kemungkinan Google akan mendahulukan website anda ketimbang website lainnya. Malah bisa saja website anda tidak masuk hitungan sama sekali apabila semua kompetitor anda sudah menerapkan website yang responsive.

10. Berikan Internal Link Pada Setiap Artikel

Internal link adalah link yang anda sisipkan pada artikel di mana link tersebut merupakan link dari artikel atau halaman yang ada pada website anda. Hal tersebut sangat membantu Google maupun pembaca untuk mengetahui keterkaitan seluruh artikel sekalikus niche dari artikel anda.

Memasukkan internal link terbukti sangat meningkatkan optomasi SEO On Page anda. Dari seluruh artikel yang muncul di halaman mesin pencari Google, sebagian besar selalu memasukkan internal link di dalam artikelnya. Oleh sebab itu, wajib hukumnya bagi anda untuk memasukkan internal link di dalam artikel anda agar SEO On Page anda dapat bekerja dengan optimal.

11. Masukkan Outbound Link/Backlink Pada Artikel Anda

Pada setiap membuat artikel, apapun bentuknya, upayakan untuk selalu memasukkan outbound link ke dalam artikel tersebut. Hal tersebut menjadi penting karena Google menilai bahwa artikel anda memiliki sumber data/informasi yang jelas. Oleh sebab itu, sumber yang anda masukkanpun tidak boleh asal, melainkan harus memiliki rating yang tinggi dan sesuai dengan artikel anda.

Pembuatan Outbound link ini terbukti sangat berguna untuk optimasi SEO On Page di setiap website. Buktinya, jika anda membaca artikel-artikel di halaman pertama Google, pasti selalu tersisip outbound link di dalamnya.

Untuk membuat outbound link terbilang sangat mudah, yaitu tingggal mengcopy link sumber anda kemudian sisipkan di dalam kalimatnya. Dengan begitu, secara otomatis website anda sudah memiliki outbound link/backlink. Semakin tinggi rating yang dimiliki outbound link anda, semakin naik pula rating pada website anda.

12. Maksimalkan Panjang Artikel

Panjang atau pendeknya sebuah artikel pada website pada umumnya sangat berpengaruh terhadap peringkat dari artikel itu sendiri pada mesin pencari Google. Memang tidak ada satu tolak ukur pasti berapa banyak karakter yang harus anda gunakan dalam membuat artikel. Namun apabila dipelajari dari website yang berada pada peringkat atas, hampir seluruh artikel yang dimuat setidaknya memiliki 600 karakter.

Pada bagian ini, memang yang paling dibutuhkan adalah skill dalam menulis. Bagi anda yang memang terbiasa menulis artikel, tentu saja 600 karakter tidaklah sulit, namun bagi yang belum terbiasa tentu sangat susah. Oleh sebab itu, apabila anda ingin agar SEO On Page anda bekerja dengan maksimal maka anda harus bisa menulis dengan baik.

Sebelum itu, kami ingin mewanti-wanti anda agar tidak menduplikat artikel begitu saja. Hal tersebut bisa berakibat fatal apabila diketahui oleh mesin pencari Google. Rating pada website anda bisa saja terjun bebas bahkan terdeindex. Boleh saja meniru artikel pada website lain, namun tetaplah kreatif dan teliti agar SEO On Page anda maksimal.

Begitulah artikel tentang 12 Langkah Optimasi SEO On Page Yang Wajib Diketahui, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Namun apabila anda merasa kesusahan dalam melakukan optimasi pada website anda, maka kami dengan senang hati akan membantu. Untuk lebih detailnya, anda bisa klik DI SINI

2 Comments

  1. Pengertian SEO Off Page Dan 3 Langkah Optimasinya - Momohamaru

    September 3, 2020 at 1:44 pm

    […] Baca Juga : 12 Langkah Optimasi SEO On Page Yang Wajib Diketahui […]

    Reply
  2. Pengertian SEO, Manfat, Dan 8 Teknik Yang Wajib Diketahui - Momohamaru

    September 5, 2020 at 3:00 pm

    […] Baca Juga : 12 Langkah Optimasi SEO On Page Yang Wajib Diketahui […]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Kami